Cile diguncang Gempa 7,1 SR


Pada hari Minggu (2/1) pukul 17.21 waktu setempat, Cile Tengah telah di guncang gempa berkekuatan 7,1 SR, Lapor Pusat keadaan Darurat China.

Pusat gempa, berada sekitar 590 kilometer dari kota Santiago. Gempa terjadi di kedalaman 30 KM, di 38,2 derajat Lintang Selatan dan 73,3 derajat Bujur Barat.

Sementara menurut US Geological Survey (USGS), gempa tersebut terjadi pukul 17.20 waktu setempat, dengan pusat gempa berada pada kedalaman 16,9 kilometer, dan 70 kilometer di sebelah utara kota Temuco serta sekitar 595 kilometer di sebelah selatan Santiago. Laporan pertama menyatakan, gempa itu mengakibatkan terputusnya pasokan listrik, yang membuat warga jadi khawatir


Pada 27 Februari 2010, gempa dengan kekuatan 8,8 pada skala Richter mengguncang bagian tengah dan selatan Cile dan menewaskan sedikitnya 500 orang serta membuat 800.000 orang kehilangan tempat tinggal.

"Sampai saat ini kami tak memiliki laporan mengenai korban cedera. Tak ada kerusakan, hanya saluran telepon dan sebagian pasokan listrik terputus. Kami terus memantau keadaan," kata Vicente Nunez, kepala kantor penanganan kondisi darurat di negeri itu, Onemi.

Ia mengatakan, kemungkinan tsunami di sepanjang garis pantai Pasifik telah dikesampingkan dan ia mendesak warga pantai yang telah bergegas ke tempat yang lebih tinggi agar pulang ke rumah. "Kami telah memberitahu rakyat agar kembali ke rumah mereka sebab tak ada siaga tsunami," katanya. Ia mengatakan gempa yang cukup besar telah terjadi dengan kekuatan 5,0 pada skala Richter.

sumber: kompas.com

sponsored

0 comments:

Post a Comment